4 Hero Terbaik untuk Counter Phoveus Mobile Legends!

Counter Phoveus

Phoveus merupakan salah satu karakter yang merepotkan dalam Mobile Legends. Karena hero ini sangat sensitif dengan pergerakan flicker maupun blink.

Jadinya Anda akan sulit menghindari hero ini. Namun, terdapat beberapa hero yang bisa menjadi counter Phoveus sehingga kuatnya hero ini dapat ditangani dengan mudah.

Walaupun demikian, Anda tetap harus berhati-hati karena Phoveus dapat mengacaukan permainan dengan ultimate-nya.

Menghadapi hero ini akan lebih mudah jika Anda bisa memakai beberapa hero yang Windroid rekomendasikan di bawah ini.

Daftar Counter Phoveus dan Build Itemnya

1. Esmeralda

Counter Phoveus ml

Phoveus terkenal akan burst damage-nya yang besar. Oleh karena itu, hero yang bisa membuat perisai sekaligus memberikan damage adalah pilihan terbaik.

Inilah mengapa Esmeralda bisa menjadi counter Phoveus. Jika bisa memakai hero ini dengan baik, maka Anda bisa memberikan damage besar dalam satu kali serangan.

Namun, untuk bisa memberikan damage tersebut Anda harus membuat build item seperti yang ada di bawah ini, yaitu:

  1. Warrior Boots
  2. Calamity Reaper
  3. Enchanted Talisman
  4. Holy Crystal
  5. Feather of Heaven
  6. Blood Wings

Sebenarnya Anda bisa memakai item lain untuk menggantikan Blood Wings seperti Shadow Twinblade.

Namun, item ini dibutuhkan untuk memberikan pertahanan ekstra mengingat Phoveus memiliki burst damage yang cukup menyakitkan.

Jika Anda ingin melawan Phoveus dengan mudah dan cepat maka sebaiknya gunakanlah combo berikut ini: Ultimate > skill 1 > skill 2.

Ultimate (Falling Starmoon) akan membuat Anda mendekati lawan dan memberikan burst damage. Pada posisi ini, Anda akan kena mark Phoveus dan bisa diserang dengan ultimate-nya.

Selanjutnya segera gunakan skill 1 (Frostmoon Shield) yang akan membuat perisai, menambah movement speed serta mencuri shield lawan sehingga pertahanan Anda lebih kuat dan serangan Phoveu menjadi lebih lemah.

Kemudian, lanjut dengan memakai skill 2 (Stardust Dance) yang akan memberikan damage kepada lawan secara terus-menerus.

Jika Anda memakai combo skill ini maka Phoveus akan kewalahan terutama di early dan mid game.

2. Karrie

Counter Phoveus items

Hero lain yang bisa Anda pakai untuk melawan Phoveus adalah Karrie yang memang dikenal sebagai penghancur tanker ataupun hero tebal lainnya.

Namun, ketika bertarung Anda harus berhati-hati karena jika sembarangan memakai blink maka justru Karrie-lah yang akan diincar.

Walaupun demikian, hero ini tetap layak untuk digunakan melawan Phoveus. Jika Anda ingin melawan hero tersebut dengan cepat maka gunakanlah build item yang ada di bawah ini, yaitu:

  1. Endless Battle
  2. Windtalker
  3. Blade of Despair
  4. Golden Staff
  5. Athenas Shield
  6. Thunder Belt

Item tersebut akan memberikan damage dan efek slow kepada lawan sehingga Anda bisa menyerang dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa memakai combo skill yang ada di bawah ini, yaitu:

Saat melawan Phoveus pastikan untuk memakai skill 1 > ultimate > basic > skill 2 > basic dan usahakan untuk menjaga jarak agar lawan sulit menyerang Karrie.

Skill 1 (Spinning Light Wheel) akan membuat lawan terkena damage dan efek slow.

Kemudian, ultimate (Speedy Light Wheel) akan membuat Anda dapat menyerang 2 kali dalam satu kali serangan.

Jadi lawan akan terkena damage lebih besar. Jika Phoveus berlari gunakan skill 2 (Phantom Step) untuk mendekat dan serang kembali dengan basic attack.

3. Nana

Counter Phoveus mage

Cara lain yang bisa Anda pakai untuk counter Phoveus adalah dengan menghentikan pergerakannya, Hero yang memiliki skill tersebut adalah Nana.

Karena, Nana bisa memberikan damage, mengubah lawan menjadi kelinci sekaligus memberikan ultimate dengan damage terbesar plus stun jika terkena dua kali.

Anda bisa membuat Nana dengan physical ataupun magical build. Namun, tujuan utama Anda adalah memakai skill 2 dan skill 3 sehingga magic build terasa lebih tepat.

Adapun item yang tepat untuk build tersebut antara lain:

  1. Arcane Boots
  2. Clock of Destiny
  3. Lightning Truncheon
  4. Genius Wand
  5. Holy Crystal
  6. Blood Wing

Item di atas akan membuat skill Nana menjadi lebih mematikan. Jadi, hero ini tidak hanya menjadi support yang baik tetapi juga penghancur bagi tim lawan.

Khususnya saat Anda memakai ultimate yang bisa memberikan efek AOE.

Namun, untuk berhadapan dengan Phoveus Anda harus memakai taktik khusus.

Pertama-tama pastikan untuk memakai skill 1 (Magic Boomerang) yang akan memberikan damage sehingga Anda bisa menyicil hp lawan.

Lalu, pastikan untuk membuat posisi yang tepat dan gunakan skill 2 (Molina Smooch) yang bisa memberikan damage sekaligus mengubah lawan menjadi boneka kelinci.

Setelah Phoveus terkena skill 2 segera pakai ultimate (Molina Blitz) yang bisa memberikan tiga kali serangan AOE dengan burst damage yang besar.

Skill ini cukup mematikan karena jika terkena 2 kali maka lawan akan terkena stun. Pastinya Phoveus akan kesulitan bergerak saat berhadapan dengan Nana.

4. Lunox

Counter Phoveus 2022

Hero mage yang sangat cocok untuk counter Phoveus adalah Lunox. Mengapa? Karena Lunox memiliki burst damage yang sangat menyakitkan.

Tidak heran jika hero ini sering dinobatkan sebagai mage penghancur tank ataupun hero tebal seperti Phoveus.

Jika Anda ingin membuat hero ini semakin menyakitkan maka sebaiknya gunakanlah build item berikut ini;

  1. Demon Shoes
  2. Divine Glaive
  3. Clock of Destiny
  4. Holy Crystal
  5. Lightning Truncheon, dan
  6. Genius Wand

Pastinya damage dari setiap skill Lunox akan menjadi lebih berbahaya. Bahkan hero-hero kuat seperti Phoveus akan kewalahan melawannya.

Sebelum Anda mengetahui combo hero ini, akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu semua skill yang dimilikinya.

  • Pasif skill (Dreamland Twist)
    • Saat darkening lebih kuat maka efek cd akan jadi magic penetrasi namun saat brilliance lebih kuat maka efek cd jadi penambahan defence magic dan physical.
  • Skill 1 (Starlight Pulse)
    • Lunox akan menembakkan sihir cahaya ke depan dan memberikan damage serta heal.
  • Skill 2 (Chaos Assault)
    • Berkebalikan dengan skill 1, skill ini akan membuat Lunox menembakkan chaos energy yang tidak hanya memberikan damage tetapi juga efek slo.
  • Ultimate (Order & Chaos)
    • Ultimate Luno bergantung pada lebih baik chaos atau brilliance. Jika Chaos maka skill-nya akan jadi blink sekaligus membatalkan cd skill 2. Namun, saat brilliance lebih kuat maka Lunox akan berubah menjadi bola sihir yang akan memberikan efek AOE disekitarnya.

Saat berhadapan dengan Phoveus pastikan Anda lebih banyak memakai brilliance daripada chaos.

Kecuali situasi dan kondisinya memungkinkan. Saat Phoveus ataupun lawan lainnya akan memakai skill, Anda bisa memakai ultimate order sehingga bisa menghilang dan tidak bisa diserang lawan.

Akan tetapi, saat Phoveus cukup jauh maka sebaiknya Anda lebih banyak memakai skill 2 dan basic attack untuk menyicil hp-nya.

Saat posisi baik maka gunakan ultimate chaos dan serang lagi dengan skill 2 untuk memberikan damage yang besar.

4 hero counter Phoveus di atas memiliki peran yang berbeda-beda. Namun, jika Anda bisa menguasainya dengan baik maka hero kuat seperti Phoveus akan menjadi tidak berdaya.

Mas Poer
Hobi main game sejak kecil. Game yang dimainkan sekarang, Mobile Legends, AOV, PUBG