--Advertisements--

Ditulis oleh | Mas Poer

Diperbarui |

Ukuran Kertas A6

--Advertisements--

Kertas seri A merupakan salah satu jenis seri kertas yang paling banyak digunakan, terutama di Indonesia.

Tidak hanya itu, kertas seri A juga memiliki banyak variasi ukuran sesuai dengan standar ISO yang digunakan. Nah, salah satu variasi tersebut adalah ukuran kertas A6.

Pernah mendengar tentang ukuran kertas seri A yang satu ini?

Memang, kertas A6 cenderung tidak banyak dibahas. Popularitas ukuran kertas ini pun jauh tertinggal dibanding kertas ukuran A4, A5 atau bahkan kertas folio di Indonesia. Namun, tentu saja bukan berarti kertas A6 tidak penting.

Dalam penggunaannya, kertas A6 memiliki cukup banyak fungsi dan peran. Ukuran kertas yang satu ini kerap digunakan untuk mencetak beberapa keperluan, seperti mencetak pamflet, membuat selebaran, mencetak kartu nama, pembuatan kwitansi, dan lainnya. 

Lalu, berapa detail ukuran dari A6 tersebut? Pada kesempatan ini akan dibahas tentang detail ukuran kertas A6 dalam berbagai satuan yang berbeda.

Tentu saja, dengan mengetahui ukuran detail tersebut nantinya Anda bisa lebih mudah menggunakan kertas ini ketika harus mengaturnya secara manual. 

Detail Ukuran Kertas A6 Dalam Berbagai Satuan yang Berbeda

ukuran kertas a6
--Advertisements--

Sebagaimana disinggung di awal bahwa mengetahui ukuran detail kertas A6 adalah hal penting guna memudahkan Anda ketika hendak menggunakan kertas ini dan mengaturnya secara manual.

Nah, adapun detail ukurannya dilihat dari beberapa satuan yang berbeda adalah sebagai berikut:

  • Ukuran kertas A6 dalam satuan milimeter adalah 105 x 148 mm
  • Ukuran kertas A6 dalam satuan sentimeter adalah 10,5 x 14,8 cm 
  • Ukuran kertas A6 dalam satuan inch adalah 4,13 x 5,83 inch

Dari poin di atas, Anda bisa melihat detail ukuran kertas A6 tersebut dalam berbagai satuan yang berbeda.

Tentu saja, Anda bisa mengecek bahwa kertas A6 memang cukup kecil karena pada dasarnya, ukuran kertas ini adalah setengah dari kertas A8.

Selain beberapa satuan di atas, ukuran kertas A6 juga bisa dinyatakan dengan satuan pixel.

Detail satuan ini umumnya digunakan untuk keperluan grafis, seperti mencetak foto atau lainnya.

Adapun detail ukuran kertas A6 dalam satuan pixel adalah sebagai berikut:

  • Ukuran kertas A6 dalam pixel 72 dpi adalah 298 x 420 pixel 
  • Ukuran kertas A6 dalam pixel 96 dpi adalah 397 x 559 pixel 
  • Ukuran kertas A6 dalam pixel 150 dpi adalah 620 x 974 pixel 
  • Ukuran kertas A6 dalam pixel 300 dpi adalah 1240 x 1748 pixel 

Dari paparan di atas, Anda bisa melihat detail ukuran kertas A6 dalam satuan pixel. Bisa dipahami bahwa satuan pixel tersebut tergantung pada tingkat dpi atau dots per inch.

Semakin tinggi dpi, maka semakin tinggi pula pixel dari kertas A6 tersebut. Artinya, kualitas dari kertas A6 tersebut pun nantinya akan semakin baik dan cocok untuk mencetak foto. 

Beberapa Fakta Menarik Terkait Kertas A6

Berbincang tentang kertas ukuran A6, ada beberapa fakta menarik yang bisa Anda ketahui.

Tentu, dengan mengetahui beberapa fakta menarik tersebut, Anda nantinya akan semakin memahami seluk beluk tentang kertas ukuran A6 ini.

Nah, adapun beberapa fakta menarik tentang ukuran kertas A6 ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Satu lembar kertas A6 memiliki berat sekitar 120/64 yaitu kurang lebih 1,875 gram
  2. Kertas A6 sama dengan setengah dari kertas ukuran A8 dan merupakan seperempat dari kertas berukuran A4.
  3. Selembar kertas A6 memiliki ukuran lebih kecil sebanyak 64 kali dibandingkan dengan ukuran kertas seri A paling besar, yaitu A0
  4. Rata-rata printer harus diatur terlebih dahulu ketika hendak menggunakan kertas ukuran A6 karena setting default printer bukan kertas ukuran ini

Beberapa hal di atas adalah apa yang menarik dari kertas A6. Memang, ukuran kertas A6 ini tidak cukup populer jika dibandingkan dengan kertas seri A lainnya.

Namun, tetap saja, ukuran kertas A6 memiliki cukup banyak fungsi penting, terutama untuk menunjang kebutuhan dan aktivitas harian. 

Mengatur Ukuran Kertas A6 di Microsoft Word

Ketika hendak membuat selebaran atau dokumen apapun dengan kertas ukuran A6, sebenarnya Anda bisa menggunakan Microsoft Word sebagai media.

Hanya saja, Anda memang harus mengatur terlebih dahulu sesuai ukuran kertas tersebut, di mana setting default dari program Microsoft Word bukanlah kertas A6.

Tidak hanya itu, ukuran kertas A6 pun tidak tersedia secara default dalam opsi ukuran kertas yang ada di Microsoft Word.

Oleh karenanya, Anda harus mengatur ukuran kertas A6 secara manual. Inilah salah satu alasan kenapa Anda perlu mengetahui detail ukuran kertas A6 dalam beberapa satuan tadi.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatur ukuran kertas A6 pada Microsoft Word?

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengubah ukuran kertas pada Microsoft Word menjadi A6 adalah sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu software Microsoft Word yang Anda gunakan.
  • Jika sudah, pilih New document untuk membuat lembar kerja yang baru.
  • Setelah lembar kerja baru Microsoft Word terbuka, maka pilih opsi layout yang berada di bagian atas layar.
  • Di dalam menu layout, Anda akan menemukan beberapa opsi menu yang berbeda. Dalam hal ini, pilih dan klik opsi size yang tersedia.
  • Apabila sudah, Anda akan menemukan adanya kotak dialog yang menunjukkan berbagai jenis ukuran kertas yang tersedia secara default. Nah, Anda tidak akan menemukan opsi kertas A6. Oleh karenanya, klik pada opsi more paper size yang ada di bagian paling bawah.
  • Anda akan diarahkan ke kotak pengaturan yang baru.
  • Klik pada opsi paper size dan scroll ke bawah untuk memilih custom paper.
  • Setelah itu, isi detail ukuran kertas yang hendak digunakan. Dalam hal ini, tentu saja Anda harus mengisi kolom width dan height yang tersedia dengan ukuran kertas A6. Satuan yang digunakan untuk mengatur ukuran kertas ini adalah sentimeter.
  • Jika sudah, klik OK di bagian bawah kotak pengaturan tersebut.
  • Selesai. 

Dengan beberapa langkah di atas, Anda sudah berhasil mengubah pengaturan dasar ukuran kertas yang digunakan di Microsoft Word dari letter menjadi A6. Sangat mudah, bukan?

Tetapi, perlu diketahui bahwa pengaturan di atas hanya berlaku untuk lembar kerja yang sedang dikerjakan saja.

Artinya, ketika nantinya Anda akan membuat dokumen baru menggunakan Microsoft Word dan ingin menggunakan kertas ukuran A6, maka Anda harus melakukan pengaturan ulang kembali. 

Nah, demikian ulasan tentang detail ukuran kertas A6 dalam berbagai satuan yang berbeda, serta bagaimana cara untuk mengatur ukuran kertas ini ketika menggunakan Microsoft.

Coba cara di atas untuk menggunakan kertas A6 sesuai keinginan Anda. Semoga bermanfaat!

Share ke temen-temen kamu:

Tinggalkan komentar