--Advertisements--

Ditulis oleh | Mas Poer

Diperbarui |

Ukuran Kertas Legal

--Advertisements--

Di Indonesia, ukuran kertas A series mungkin sudah sangat familiar dan banyak digunakan untuk berbagai kepentingan. Lalu bagaimana dengan negara lain?

Di Amerika sendiri, ukuran kertas yang banyak digunakan adalah ukuran kertas legal. Oleh karenanya, ukuran kertas yang satu ini juga sering kali disebut dengan istilah US paper size.

Dikarenakan penamaan tersebut, sebagian besar perangkat lunak dan juga software buatan Amerika menggunakan setting awal kertas ini, termasuk salah satunya Microsoft Word.

Lantas, apakah kertas ukuran ini hanya bisa digunakan untuk software buatan Amerika saja? Tentu saja jawabannya tidak.

Anda yang berada di Indonesia juga bisa menggunakan kertas ukuran legal pada software.

Pun demikian Anda juga bisa menemukan kertas ini di pasaran meskipun jumlahnya barangkali tidak sebanyak ukuran kertas lainnya.

Nah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari tahu beberapa detail ukuran kertas legal dalam beragam satuan yang berbeda.

Tentu saja, dengan mengetahui detail ukuran tersebut nantinya Anda akan mendapatkan kemudahan ketika hendak mengatur ulang software menggunakan kertas ini secara manual.

ukuran kertas legal
--Advertisements--

Sebagaimana yang disinggung di awal, mengetahui ukuran kertas legal merupakan hal yang penting karena nantinya akan memudahkan Anda untuk mengganti ukuran kertas yang hendak digunakan secara manual.

Nah, kertas legal sendiri tersedia dalam dua jenis yang berbeda, yaitu legal biasa dan junior legal.

Untuk membahas detail ukuran legal, Anda bisa melihat ulasan berikut ini.

Kertas legal biasa adalah kertas yang secara umum digunakan di Amerika Serikat dan beberapa negara tetangga, seperti Kanada dan juga sebagian Mexico.

Kegunaan kertas ini umumnya adalah untuk mencetak beragam dokumen, terutama dokumen resmi dalam kelembagaan, instansi dan lainnya.

Tentu saja, karena penggunaannya yang cukup masif, kertas legal menjadi jenis kertas yang paling banyak digunakan di Amerika.

Bisa dikatakan jika kertas ini adalah pengganti dari kertas A4 di mana kertas tersebut adalah jenis kertas yang paling populer di Indonesia.

Nah, mengenai detail ukuran kertas legal biasa dalam beberapa satuan yang berbeda, cek poin berikut:

  • Ukuran kertas legal dalam satuan milimeter adalah 215.9 x 355.6 mm
  • Ukuran kertas legal dalam satuan centimeter adalah 21.59 x 35.56 cm
  • Ukuran kertas legal dalam satuan inch adalah 8.5 x 14 in

Dari detail di atas, bisa dikatakan bahwa ukuran kertas legal sangat mirip dengan A4. Meskipun, tentu legal memiliki ukuran yang lebih besar.

Selain itu, Anda juga bisa melihat bahwa satuan yang paling simpel menggambarkan ukuran kertas legal adalah inch, di mana satuan ini yang paling populer di Amerika Serikat.

Selain beberapa satuan di atas, ukuran kertas legal juga bisa dinyatakan dalam satuan pixel.

Satuan ini umumnya digunakan untuk keperluan grafis di mana penyesuaian satuan pixel dihitung berdasarkan konfigurasi DPI atau dots per inch, yaitu jumlah titik warna dari setiap inch.

Nah, untuk satuan pixel, adapun detail ukuran kertas legal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran kertas legal dalam pixel 72 dpi adalah 612 x 1008 pixel
  • Ukuran kertas legal dalam pixel 96 dpi adalah 816 x 1344 pixel
  • Ukuran kertas legal dalam pixel 150 dpi adalah 1275 x 2100 pixel
  • Ukuran kertas legal dalam pixel 300 dpi adalah 2550 x 4200 pixel

Jika dilihat, ada beberapa dpi untuk ukuran kertas legal tersebut. Masing-masing tingkat dpi memiliki detail pixel yang berbeda.

Tentu, dpi yang lebih tinggi memiliki pixel yang lebih tinggi pula. Artinya, kualitas dari kertas legal tersebut juga semakin baik.

Kertas junior legal adalah variasi dari kertas legal yang tersedia. Seperti namanya kertas junior legal memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kertas legal biasa.

Lantas, berapa detail ukuran kertas junior legal tersebut?

Adapun detail ukuran kertas junior legal dalam beberapa satuan yang berbeda adalah sebagai berikut:

  • Ukuran kertas junior legal dalam satuan milimeter adalah 127 x 203 mm
  • Ukuran kertas junior legal dalam satuan sentimeter adalah 12.7 x 20.3 cm

Dari detail ukuran di atas, bisa dilihat bahwa ukuran kertas junior legal dan juga ukuran kertas legal biasa memiliki selisih yang cukup banyak.

Bisa dikatakan bahwa ukuran kertas junior legal tersebut mirip dengan ukuran kertas A5 yang lebih populer di Indonesia.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas, Anda bisa mengetahui detail ukuran kertas legal dan juga kertas junior legal.

Dengan begitu, tentu saja Anda tidak perlu bingung lagi ketika hendak mengatur penggunaan kertas tersebut secara manual.

Ketika Anda membuka Microsoft Word, maka Anda akan menemukan bahwa setting kertas yang digunakan secara default adalah kertas dengan ukuran letter.

Tentu saja, untuk menggunakan kertas legal pada lembar kerja Microsoft Word, maka Anda harus melakukan penggantian ukuran kertas terlebih dahulu.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, bagaimana cara untuk mengatur penggunaan ukuran kertas tersebut dalam Microsoft Word?

Nah, untuk mengganti ukuran kertas tersebut menjadi kertas ukuran legal di Microsoft Word, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu Microsoft Word Anda.
  • Pilih menu New document untuk membuat dokumen yang baru atau pilih menu open untuk membuka dokumen yang lama dan telah tersimpan sebelumnya.
  • Jika sudah, klik opsi layout yang ada di bagian atas lembar kerja Microsoft Word.
  • Pada menu layout tersebut, ada beberapa menu yang tersedia. Dalam hal ini, Anda hanya tinggal klik pada opsi size yang terletak di bawah orientation.
  • Setelah mengklik opsi size, Anda akan diarahkan ke tabel yang berisi beragam ukuran kertas yang tersedia. Nah, Anda bisa mencari opsi kertas legal.
  • Jika sudah ditemukan, klik saja ukuran kertas legal tersebut dan kertas pada lembar kerja Microsoft Word Anda akan berhasil diubah menjadi legal.

Berbekal cara di atas, Anda sudah bisa mengubah ukuran kertas yang tadinya letter menjadi legal dengan sangat mudah.

Nah, jika Anda ingin mencoba cara manual, maka Anda bisa melakukannya dengan langkah berikut:

  1. Ikuti langkah awal seperti poin sebelumnya hingga tahap kelima -klik opsi size di bagian layout.
  2. Jika sudah, pilih opsi more paper size yang ada di bagian bawah.
  3. Selanjutnya, pada opsi paper size, scroll ke bawah dan pilih opsi custom size.
  4. Isi kolom width dan height dengan ukuran kertas legal yang sudah diketahui sebelumnya atau kertas junior legal. Satuan yang digunakan untuk mengatur kertas tersebut adalah sentimeter
  5. Klik OK di bagian bawah kotak dialog
  6. Selesai.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang ukuran kertas legal dan bagaimana cara mengubah ukuran kertas di Microsoft Word dengan sangat mudah. Semoga bermanfaat.

Share ke temen-temen kamu:

Tinggalkan komentar