--Advertisements--

Ditulis oleh | Mas Poer

Diperbarui |

Rekomendasi Aplikasi Saham

Investasi saham kini sudah menjadi hal lumrah bagi kalangan milenial dan generasi Z.

Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang cepat, sehingga mempermudah dalam melakukan investasi. Salah satunya adalah dengan aplikasi saham.

Dalam berinvestasi saham, pastinya ada perasaan khawatir dan takut jika mengalami kerugian atau pun penipuan.

Karena itu, saat kamu ingin melakukan investasi saham melalui aplikasi, pastikan kamu memilih aplikasi atau jasa keuangan yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bursa Efek Indonesia, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kabar baiknya, sudah banyak aplikasi saham yang terdaftar di OJK dan Bursa Efek Indonesia.

Namun, jika kamu pemula dalam bidang ini, maka beberapa aplikasi yang akan kami rekomendasikan, bisa membantumu dalam memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan investasi mu nanti.

Sehingga, apa yang kamu investasikan dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Namun, sebelumnya kamu harus paham dulu, apa itu investasi saham?

Apa itu Investasi Saham?

Saham merupakan surat bukti kepemilikan bagian modal suatu perusahaan. Jika seseorang memiliki saham berarti ia memiliki hak atas sebagian aset dari perusahaan tersebut.

Jika kamu memiliki saham, maka kamu dapat mengklaim kepemilikan pada sebuah perusahaan terbuka.

Pemilik saham juga berhak atas dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Perhitungan deviden ini tergantung dari masing-masing perusahaan, dan diatur sesuai dengan anggaran dasar perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, dengan hadirnya saham ke publik, perusahaan juga mendapatkan dana segar atau modal untuk mengembangkan bisnisnya dalam jangka panjang.

Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik dan Sudah Terdaftar di OJK

Indo Premier Online Technology (IPOT)

aplikasi saham ojk
IPOT Investasi

Aplikasi saham pertama adalah IPOT yang merupakan milik PT Indo Premier Sekuritas.

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menjalankan instruksi pembelian dan penjualan dengan harga saham yang kamu inginkan.

Kelebihannya, aplikasi saham ini tidak ada minimal deposit sehingga sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali mencoba berinvestasi saham. Pendaftarannya pun juga tidak perlu ke kantor, cukup melalui online.

BCAS Best Mobile

aplikasi saham terbaik
BCA Sekuritas

Aplikasi BCAS Best Mobile ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia.

Selain tampilan yang user friendly, aplikasi saham ini juga menyediakan fitur Quick Order.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu merogoh kocek cukup dalam sebagai modal awalnya, yaitu sekitar Rp 3.000.000,-.

Sedangkan untuk fee setiap transaksi online trading, yaitu sebesar 0,18% dan fee jual sebesar 0,28%.

Stockbit

aplikasi investasi saham
Stockbit

Stockbit merupakan aplikasi saham yang paling direkomendasikan bagi kamu yang baru mau terjun di dunia saham.

Karena aplikasi ini bisa kamu instal melalui Playstore maupun AppStore.

Kamu juga dapat memantau pergerakan bursa saham secara real time, loh. Sehingga apa yang kamu lihat benar-benar nyata.

Aplikasi saham ini pun sudah terdaftar di OJK. Selain itu, sudah dilengkapi dengan fitur Touch ID untuk menjamin keamanan bertransaksi.

Stockbit juga menyediakan fitur Komunitas Online untuk saling sharing sesama trader.

Tak jarang, trader profesional memberikan tips dan analisis teknikal atau fundamental terkait saham itu sendiri.

Bibit

Bibit merupakan aplikasi saham dari PT Bibit Tumbuh Bersama, di mana melalui aplikasi ini, kamu dapat membeli saham dalam bentuk reksadana.

Tidak hanya itu, aplikasi Bibit juga memiliki berbagai pilihan seperti obligasi hingga pasar uang.

Keunggulan aplikasi ini adalah menggunakan Teknologi Robo Advisor yang membantu kamu melakukan seleksi reksadana berkualitas sesuai dengan profil risiko yang kamu ambil.

Kamu juga dapat melakukan transaksi pembelian atau penjualan di Bibit tanpa dikenakan biaya komisi.

Melalui aplikasi saham Bibit ini, kamu dapat mencairkan dana investasi kapanpun tanpa biaya penalti.

Selain itu, pendaftarannya juga gratis dan bisa dilakukan secara online. Cukup mudah bukan?

Ajaib

aplikasi saham terpercaya
Ajaib Investasi

Aplikasi saham yang secara resmi mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK berikutnya adalah Ajaib.

Aplikasi yang bernaung di bawah PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia ini, memiliki banyak pilihan saham dan reksadana.

Ajaib mengedepankan UI atau interface yang mudah dipahami oleh pemula.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam membuka rekening yaitu tidak perlu melakukan deposit dana awal.

BIONS (BNI Sekuritas)

aplikasi jual beli saham
BNI Sekuritas

BNI Sekuritas adalah anak perusahaan dari Bank BNI. Aplikasi saham ini tidak hanya membuatmu bisa trading, tapi juga bermain di investasi bank, asset, maupun surat utang.

Prestasi yang dipegang oleh BNI Sekuritas adalah Kustodian Sentral Efek Indonesia di tahun 2018, yang menjadikannya sebagai aplikasi saham yang aman, terutama bagi pemula.

Modal awal untuk melakukan transaksi pada aplikasi ini adalah Rp 1.000.000,- dan minimal kamu harus memiliki satu akun Bank apapun.

Bareksa

aplikasi trading saham
Bareksa Investasi

Bareksa merupakan aplikasi saham yang banyak diminati oleh penggiat saham. Dikarenakan aplikasi ini terbilang mudah dan praktis saat digunakan.

Untuk kamu yang baru memulai berinvestasi, Bareksa menawarkan 50 manajer investasi yang siap membantumu dalam memenuhi target.

Mandiri Sekuritas

aplikasi beli saham
Mandiri Investasi

Aplikasi saham berikutnya adalah Mandiri Sekuritas atau dikenal dengan MOST. Aplikasi ini hadir dengan tampilan UI yang ramah buat investor pemula.

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan pelatihan secara offline maupun online, serta mendapatkan akses pada riset harian dari para analis profesional Mandiri Sekuritas itu sendiri.

MNC Sekuritas

aplikasi trading saham terbaik
MNC Sekuritas

MNC Grup juga membuat aplikasi saham untuk kamu yang ingin berinvestasi. Agar kamu dapat bertransaksi di MNC Sekuritas, kamu perlu memiliki akun Bank BCA. Untuk setoran awal, kamu cukup menyediakan modal sebesar Rp 100.000,-.

Untuk membuka rekening di MNC Sekuritas, kamu dapat mendaftar secara online. Fee transaksi pada pembelian saham sebesar 0,18% dan fee jual sebesar 0,28%.

Mirae Asset Sekuritas

aplikasi saham tanpa modal
Mirae Asset Sekuritas

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1994 ini, sering menduduki Top 3 Stock Exchanges.

Tahun 2018, berhasil mencatatkan namanya sebagai sekuritas terbaik di Indonesia. Tahun 2020 sekuritas ini, berhasil mencetak nilai transaksi saham tertinggi, yaitu sebesar Rp 227,13 triliun.

Selain deretan prestasi itu, Mirae Asset Sekuritas juga menawarkan layanan yang beragam diantaranya adalah transaksi saham, obligasi, transaksi saham dan reksadana online untuk produk konvensional maupun syariah, transaksi saham secara margin, hingga riset perusahaan dan ekonomi.

Kabar baiknya, Mirae Asset Sekuritas hadir di dunia digital dengan dua aplikasi berbeda, yaitu HOST untuk pengguna PC dan NEO HOST untuk pengguna ponsel.

Bagaimana, sudah siap memulai berinvestasi saham? Semoga artikel ini dapat membantumu!

Share ke temen-temen kamu:

Tinggalkan komentar