--Advertisements--

Ditulis oleh | Mas Poer

Diperbarui |

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Cara membatalkan pesanan di Lazada mungkin mudah dilakukan bagi mereka yang sudah terbiasa belanja online di marketplace tersebut.

Tetapi bagi yang masih awam atau baru pertama kali, membatalkan pesanan yang sudah dibayar memang agak sedikit membingungkan.

Untuk itu, dalam artikel kali Windroid akan membahas bagaimana membatalkan pesanan di Lazada baik yang sudah dibayar atau belum.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Ketika kita membuat pesanan baru di Lazada, maka ada tiga status pada halaman Pesanan Saya. Yaitu belum dibayar, dalam proses dan dalam pengiriman.

Untuk membatalkan masing-masing status tersebut, berikut adalah ulasan lengkapnya.

#1. Pesanan yang belum dibayar

Untuk membatalkan pesanan yang belum dibayar, opsi atau pilihan batal tidak akan bisa dipilih. Karena kita belum melakukan pembayaran.

Nah untuk membatalkannya, biarkan saja pesanan tersebut. Jika dalam waktu 24 jam setelah pesanan dibuat, kamu tidak melakukan pembayaran maka otomatis pesanan akan dibatalkan oleh sistem.

#2. Pesanan yang sudah dibayar

Bagaimana kalau kondisinya kita sudah membayar pesanan tetapi belum diproses penjual?

  1. Buka aplikasi Lazada.
  2. Pilih menu Akun.
  3. Pada halaman Pesanan Saya, pilih nomor pesanan yang ingin dibatalkan.
  4. Selanjutnya pada halaman Detail Pesanan klik tombol Batal.
  5. Lalu pada halaman Permintaan Pembatalan, pilih alasan pembatalan yang tersedia.
  6. Tulis komentar tambahan lain untuk alasan pembatalan dan klik Kirimkan.
  7. Jika berhasil, kamu akan melihat pop-up Berhasil Dikirim dan akan dibawa ke halaman detail pembatalan.
  8. Pada halaman detail pembatalan, kamu bisa melihat informasi berikut:
    • Estimasi waktu pengembalian dana.
    • Kemana dana akan dikembalikan.
    • Proses pelacakan dana.

#3. Pesanan yang sudah dibayar dan dikemas penjual

Untuk membatalkan pesanan pada kondisi ke tiga ini cukup susah karena pesanan sudah dikemas dan siap diantar ke pengiriman.

Kalaupun menggunakan cara kedua di atas, pada proses nomor 4, akan muncul pop-up pesanan tidak bisa dibatalkan dengan alasan seller sudah memproses pesanan dan kemungkinan sedang dikirim ke alamat kamu.

Untuk itu, kamu perlu menghubungi CS Lazada. Tetapi kemungkinan besar jawaban dari CS juga sama, yaitu tidak bisa dibatalkan karena alasan di atas.

Cara Membatalkan Pesanan COD di Lazada

Selain dengan metode bayar langsung, belanja di Lazada juga bisa menggunakan metode pembayaran COD atau bayar di tempat.

Untuk membatalkan pesanan COD di Lazada, kita bisa melihat dari dua status. Yaitu status pesanan belum diproses dan sudah diproses.

#1. Pesanan belum diproses

Jika penjual belum merespon pesanan COD kamu, maka untuk membatalkan pesanan bisa dilakukan dengan sangat mudah.

  • Melalui aplikasi Lazada, buka menu Akun.
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada
  • Pilih menu Dalam Proses pada Pesanan Saya.
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada cod
  • Maka akan tampil pesanan COD kamu. Silakan klik pesanan tersebut.
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada cod dengan mudah
  • Pilih Batal untuk membatalkan pesanan.
batalkan pesanan lazada cod
  • Selanjutnya silakan pilih alasan pembatalan, tap Pilih dan Kirimkan di bagian bawah.
Membatalkan Pesanan di Lazada
  • Maka pesanan tersebut berhasil dibatalkan.
Cara Membatalkan Pesanan cod di Lazada

#2. Pesanan sudah diproses

Lalu bagaimana kalau ternyata pesanan COD langsung diproses pada saat itu juga. Di mana status pesanan sudah berubah menjadi ‘siap kirim’ dan tentunya tidak akan bisa dibatalkan dengan cara di atas.

Untuk kondisi kedua ini, pesanan bisa dibatalkan dengan dua cara, yaitu:

Hubungi CS Lazada

  • Buka aplikasi Lazada dan pilih menu Akun.
batalin pesanan cod lazada
  • Gulir ke atas dan pilih menu Chat dengan CS.
membatalkan pesanan cod di lazada
  • Selanjutnya ketik CS dan kirim. Ini untuk chatting langsung dengan CS bukan dengan bot.
apakah pesanan cod lazada bisa dibatalkan
  • Selanjutnya pilih pesanan yang akan dibatalkan.
bagaimana memabtalkan pesanan cod di lazada
  • Maka kamu akan dihubungkan dengan CS Lazada.
apa bisa batalkan pesanan cod di lazada
  • Silakan langsung ketik nama kamu dan tujuan kamu menghubungi CS, yaitu ingin membatalkan pesanan.

Jika jawaban CS bahwa status pesanan kini sudah siap dikirim dan tidak bisa dibatalkan, maka kamu bisa menggunakan cara satunya. Yaitu dengan membatalkan pesanan di tempat.

Batalkan di tempat

Sebenarnya cara ini tidak direkomendasikan, karena kita kasihan kepada kurir yang sudah capek-capek mengantarkan paket ke alamat rumah.

Akan tetapi kalau memang kita tidak menginginkan barang yang sudah terlanjur dipesan tersebut, bilang saja kepada kurir (jika sudah tiba) kalau kita ingin membatalkan pesanan.

Ungkapkan saja alasannya, misalnya uangnya kurang atau salah pilih barang. Nanti kurir akan menyuruh kita untuk menulis alasan pembatalan dan tanda tangan pada resi pengiriman.

Maka secara otomatis pesanan COD sudah berhasil dibatalkan oleh pembeli. Namun perlu dicatat, jika kita terlalu sering membatalkan pesanan COD, maka sistem Lazada akan mendeteksi akun dan otomatis opsi COD akan dihilangkan dari akun belanja kita.

Penutup

Belanja online memang memiliki kelebihannya sendiri di mana kita bisa memilih dan membandingkan satu produk dengan produk lain dengan sangat mudah.

Mulai dari kualitas, harga, diskon dan lainnya. Sehingga banyak sekali yang merasa salah beli ketika membuat pesanan karena di toko lain ada harga yang lebih murah.

Dengan penjelasan cara membatalkan pesanan di Lazada di atas, semoga bisa membantu kamu yang ingin mengubah pesanan di toko online tersebut.

Share ke temen-temen kamu:

Tinggalkan komentar

close